Jumat, 23 November 2012

good bye Dzulhijjah


Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dari kalender hijriyah dan Muharrom merupakan bulan awal dari kalender hijriyah. Banyak orang menganggap tanggal 1 Muharrom adalah hari sacral sehingga di jadikan bahan perenungan atas perbuatan yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu dan sebuah pengharapan dalam satu tahun kedepan.  

Perenungan atas segala perbuatan yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu, baik perbuatan yang terpuji maupun tercela. Dengan adanya perenungan diri diharapkan satu tahun kedepan seseorang akan lebih meningkatkan perbuatannya kearah yang positif. 

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam 1 Muharrom antara lain; berdoa bersama, mandi besar di tengah malam, bahkan sebagian mereka yang mempunyai benda-benda kuno seperti keris, juga dibersihkan di tanggal 1 muharrom. Dengan harapan semuanya mendapatkan keselamatan, keberkahan, kelimpahan rizki, kesehatan dari Tuhan Yang Maha Esa selama satu tahun kedepan.
Pastinya kegiatan perenungan diri dan pengharapan tidak hanya dilakukan di akhir dan awal tahun, tetapi setiap saat kita harus membenahi diri dengan perenungan dalam rangka meningkatkan perbuatan yang lebih positif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar